Loading...

Tentang supercell, Grup Musik Unik dari Jepang

Berbicara tentang jagat musik di Jepang, tentu tidak akan ada habisnya. Yeah, menurut ane para pemusik jepang itu, selain matanya sipit, mer...

Berbicara tentang jagat musik di Jepang, tentu tidak akan ada habisnya. Yeah, menurut ane para pemusik jepang itu, selain matanya sipit, mereka juga kreatif dan keren. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu grup musik favorit saya, supercell (ditulis pake huruf kecil semua)


Buat yang suka nonton anime, apalagi Guilty Crown, tentu sudah tak asing lagi dengan supercell. Grup musik ini memang sudah cukup lama berkecimpung di dunia permusikan Jepang, dan sudah beberapa kali mengisi OST/OP/ED dari beberapa anime.

Sebenernya supercell itu kaya gimana sih?
Hmm, penjelasan umumnya, supercell adalah sebuah grup musik yang terdiri dari 11 orang (wuih, banyak ya, udah kaya idol grup aja). supercell dipimpin oleh seorang komposer + penulis lirik + arranger lagu yang bernama Ryo. Nah, uniknya, walaupun personilnya 11 orang, yang ngerti lagu cuma si Ryo aja. Yang lain gimana? Tukang gulung kabel? Yeah, sisanya yang tinggal 10 orang itu terdiri dari illustrator dan designer artwork kelas kakap. Kalo masih bingung, lanjut baca aja ya. Kesimpulannya (atau kasarnya), supercell itu grup musik yang terdiri dari 1 orang yang buat lagu dan 10 orang tukang gambar.

Apa maksudnya 10 orang illustrator dan designer?
Nah, ini adalah salah satu keunikan dari supercell. Gak seperti band pada umumnya, supercell tidak memiliki yang namanya orang-orang yang bermain instrumental ataupun sebagai vokalis tetap. 10 orang illustrator dan designer itu adalah orang-orang yang berperan dalam membuat artwork-artwork yang nantinya menjadi cover CD untuk album supercell. Untuk karya mereka? Hmm, tidak usah ditanyakan lagi. Mereka sudah master di bidang ini. Untuk contoh-contoh artwork mereka nanti akan saya berikan di bawah. Jadi lanjut baca aja kali ya.


Siapa aja yang termasuk ke 11 orang member supercell?
Berikut adalah list ke-11 anggota dari supercell:
-Ryo (komposer dan penulis lirik lagu) [KETUA]
-Shirow Miwa (illustrator)
-Redjuice (illustrator)
-Huke (illustrator)
-Suga (illustrator)
-Maque (illustrator dan animation)
-Yoshiki Usa (designer)
-Hei8ro (baca: Heihachiro) (illustrator dan fotografi)
-Guitar (bukan gitaris, illustrator)
-Crow (support)
-Golv (support)

Bang, kasi foto personilnya dong
Wah, cuma orang beruntung yang punya foto-foto mereka. Karena penampilan fisik mereka memang sama sekali tidak pernah ditayangkan di media apapun. Kalau tidak percaya, coba aja search foto mereka di google. Yang ada hanyalah karya mereka. Hmm, mereka seperti itu karena supercell berdedikasi khusus untuk dunia musik, jadi tidak mengandalakan wujud fisik. Sumpah, ini konsep yang bikin supercell makin keren.

Siapa itu Ryo?
Kalo ngomong soal Ryo, bisa dibilang dia adalah kunci/dalang/pimpinan dari supercell. Ryo adalah seorang yang genius di bidang musik. Maksudnya jenius itu, dia punya selera musik yang bagus dan kepekaan musik yang tinggi. Menurut kabar yang beredar, Ryo mengawali karya lagunya dengan hanya bergumam nada-nada yang tidak jelas, yang kemudian menjadi suatu karya yang luar biasa. Hmm, kalo ane biasanya bergumam nada-nada gaje, malah diliat mencurigakan, dikira dukun lagi baca mantra. Hebat deh pokoknya si Ryo ini.

Eh, gimana sih awal terbentuknya (debut awal) supercell?
Pada jaman dahulu kala (7 Desember 2007) Ryo yang dulunya masih jadi orang kampung (maksudnya belum terkenal) meng-upload salah satu lagu karyanya yang berjudul "Melt" ke situs video Nico Nico Douga video sharing. Untuk vokal, pada saat itu Ryo menggunakan Vocaloid Hatsune Miku (software untuk membuat suara manusia tiruan, selengkapnya silakan googling). Berikut adalah videonya:



Itu video bukan yang original, udah di edit-edit sama si uploader, tapi lagunya aja yang asli. Setelah diunggah ke situs video yang aneh itu, karyanya berhasil ditonton sampai dengan 5 juta orang. Karena lagunya itulah, software Vocaloid dengan vokal Hatsune Miku mulai naik daun. Namun, artwork yang si Ryo pakai pada saat itu bukannlah buatannya sendiri, melainkan milik 119 (baca: Hikeshi, sekarang sudah menjadi mantan anggota supercell). Setelah videonya booming di situs itu, Ryo kemudian meminta maaf pada 119. Dan, ternyata si 119 itu menanggapinya dengan positif dan memutuskan untuk bergabung bersama Ryo menjadi illustrator untuk karya-karyanya. Itulah cikal bakal terbentuknya supercell. Sejak saat itu nggota yang lain mulai direkrut oleh Ryo.

Bagaimana gaya musik dan konsep supercell?
Lagu-lagu supercell dikenal akan liriknya yang dalem banget (sayangnya ane nggak ngerti liriknya). Ryo mengungkapkan kalau musik yang ia ciptakan merupakan gambaran emosi manusia. Hmm, kalo kalian denger lagunya, walaupun gak ngerti liriknya, cukup bikin hati nyaman dan menenangkan (enak pokoknya). Ada juga kalo lagunya nge-beat, bisa bikin kalian semangat (mood-booster gitu deh). Dan, biasanya Ryo menulis lirik lagu khusus untuk penyanyi perempuan yang punya vokal cute (lucu-lucu gimana gitu). Dan si Ryo inilah yang membuat image Hatsune Miku menjadi seperti seorang cewe manis, lucu, dan terkesan manja. Hal keren lainnya adalah, setiap lagunya disajikan dengan ilustrasi artwork yang keren buatan dari para illustrator/designer/mangaka yang sangat berkelas. Selain itu para member supercell juga selalu menjaga identitas aslinya. Tak pernah ada yang tahu bagaimana rupa para member supercell. Walaupun, pernah ditampilkan video pada suatu gelaran musik dengan Ryo di dalamnya. Tapi, yang kelihatan di video itu, cuma ruang kerja dan tangannya aja. Hmm, itulah sisi unik supercell yang membuat orang-orang penasaran dan akhirnya mencari-cari informasi tentang mereka.

Jadi, yang nyanyiin lagu-lagunya Ryo siapa?
Tidak ada yang namanya vokalis utama atau vokalis tetap di supercell. Awalnya, supercell menggunakan Vocaloid Hatsune Miku untuk beberapa lagu sampai sekarang. Setelah supercell memulai debut profesionalnya bersama dengan label Sony Music, mereka mulai memakai jasa Nagi Yanagi sebagai guest vocal. Pada tahun 2011, supercell membuka audisi untuk mencari guest vocal selanjutnya, setelah kontrak dengan Nagi Yanagi habis. Saat itu ada sekitar 2000 orang (laki dan perempuan) yang mendaftar. Dan, akhirnya terpilih dua gadis yang akan menjadi guest vocal bagi supercell. Mereka adalah Koeda (15 tahun) dan Chelly (17 tahun). Mereka dikontrak sebagai vokalis supercell sampai sekarang. Kenapa ada 2 orang? Karena pada saat itu, Ryo sedang menggarap sebuah side project untuk sebuah band underground untuk anime Guilty Crown, yaitu EGOIST. Koeda ditempatkan di supercell, sedangkan Chelly ditempatkan sebagai pengisi suara Inori Yuzuriha (salah satu karakter di Guilty Crown) sekaligus menjadi vokalis untuk EGOIST.

EGOIST? Apa lagi tuh?
Buat yang nonton Guilty Crown pasti udah ngerti. EGOIST (ditulis pake huruf kapital semua) terbentuk karena kerjasama antara pihak supercell dengan produser Guilty Crown untuk membuat sebuah grup musik fiktif yang vokalisnya divisulaisasikan ke bentuk karakter anime bernama Inori Yuzuriha. Sebagai hasil dari audisi yang dilakukan supercell, Chelly dipilih untuk mengisi vokal EGOIST yang berarti juga dia mengisi suara Inori Yuzuriha. Debut EGOIST dimulai dengan mempersembahkan ED1 untuk Guilty Crown yang berjudul Departures dan OP2 dari anime yang sama, berjudul The Everlasting Guilty Crown.

DISCOGRAPHY
List Single & Album

Supercell [Album] (2009)
Label: Sony Music
Oricon chart: 4
Total song: 12
Tracklist:
Koi wa Senso (ilustrasi: Shirow Miwa)
Heartbreaker (ilustrasi: Redjuice)
Melt (ilustrasi: 119)
Black Rock Shooter (ilustrasi: Huke)
Kurukuru Mark no Sugoi Yatsu (ilustrasi: Suga)
Line (ilustrasi: Maque)
World is Mine (ilustrasi: Redjuice)
Hajimete no Koi ga Owaru Toki (ilustrasi: Shirow Miwa)
Usotsuki no Parade (ilustrasi: Shirow Miwa)
Sono Ichibyo Slow Motion (ilustrasi: Shirow Miwa)
Hinekuremono (ilustrasi: Huke)
Mata ne (tanpa ilustrasi)

Kimi no Shiranai Monogatari [Single] (2009)
Oricon Chart: 5
Keterangan: lagu ter-favorit ane sepanjang masa, PVnya juga keren
PV:


Sayonara Memories [Single] (2010)
Oricon Chart: 7
PV:


Utakata Hanabi/Hoshi ga Matataku Konna Yoru ni [Single] (2010)
Oricon Chart: 9
PV:


Today Is A Beautiful Day [Album] (2010)
Label: SME
Oricon Chart: 3
Tracklist:
No.TitleIllustratorLength
1."Owari e Mukau Hajimari no Uta" (終わりへ向かう始まりの歌 The First Song That Heads Toward the End)Redjuice2:09
2."Kimi no Shiranai Monogatari" (君の知らない物語 The Story You Don't Know)Shirow Miwa5:39
3."Hero" (ヒーロー Hīrō)Shirow Miwa5:08
4."Perfect Day"  Shirow Miwa4:46
5."Fukushū" (復讐 Revenge)Yusuke Kozaki3:23
6."Rock 'n' Roll Nan desu no" (ロックンロールなんですの Because It's Rock 'N' Roll)Yu3:34
7."Love & Roll"  Atsuya Uki4:53
8."Feel So Good"  Yukihiro Kofuyu5:00
9."Hoshi ga Matataku Konna Yoru ni"(星が瞬くこんな夜に The Stars Twinkle on a Night Like This)Hirokazu Koyama4:26
10."Utakata Hanabi" (うたかた花火 Bubble Fireworks)Huke6:00
11."Yoru ga Akeru yo" (夜が明けるよ Dawn Will Break)Nagimiso4:50
12."Sayonara Memories" (さよならメモリーズ Goodbye Memories)Redjuice6:05
13."Watashi e" (私へ To Me)Shirow Miwa2:06

My Dearest [SINGLE] (2011)
Oricon Chart: 10
PV:


Kokuhaku [SINGLE] (2012)
Oricon Chart: 8
PV:


Gin'iro Hikōsen [Single] (2012)
Oricon Chart: 11
PV:


The Bravery [Single] (2013)
Oricon Chart: 11
PV:


Hakushukassai Utaawase [Single] (2013)
Oricon Chart: 9
PV:



Sekedar info: vokalis yang ada pada beberapa PV di atas bukanlah vokalis aslinya. mereka adalah model yang berperan (pura-pura) jadi vokalis


ARTWORKS ILLUSTRATION
Beberapa contoh karya dari para ilustrator supercell
(klik untuk zoom)
(untuk download: klik kanan>open image in new tab>ctrl+s>save)

Owari e Mukau Hajimari no Uta ~by: Redjuice
Kimi no Shiranai Monogatari ~by: Shirow Mina
Hero ~by Shirow Mina
Sayonara Memories ~by Redjuice

Oke, cukup sekian dulu artikel saya tentang supercell. Tunggu aja postingan kita selanjutnya tentang supercell yang lain ya!


source:
http://id.wikipedia.org/wiki/Supercell_(grup_musik)
http://www.xinnosuke.com/2013/04/semua-tentang-supercell-egoist-lengkap.html
http://bakakaraoke.blogspot.com/2013/04/mengenal-tentang-band-supercell-asal.html
single-album 943646476438818427

Posting Komentar

  1. wahh supercell grup kesukaan ane nih \(>-<)/ tp ga nyangka ane baru tahu tentang sejarahnya Thanks buat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. hohoho. ane juga demen banget sama supercell

      Hapus
  2. nice info min,

    BalasHapus
  3. Ga nyangka gw supercell sehebat ini :O
    pantes lagu gw artist nya supercell feat Hatsune Miku
    rupanya vokalis nya ga tetap :v

    nice review bang (y)

    BalasHapus
  4. sekalian dong profil2 para prsonil vocaloid :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke2.. kapan2 ane bahas vocaloid deh greedy

      Hapus
  5. baru tau sejarah supercell gak nyangka gan
    om ryo emang hebat salut ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. makanya jangan main-main sama om ryo dad

      Hapus
  6. supercell band fav ane lagu fav ane gin iro hikosen.
    d lagu itu suara koeda moe dan pvnya unik dan model nya super cakep tapi sayangnya modelnya itu bukan koeda cry4

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha. sabarya. nikmati suaranya yang cantik aja happy

      Hapus
  7. sip ! nice info min (y)

    ane jg ngefans ama supercell, smenjak nonton anime GC

    kunjung balik ya htttp://www.dajimkun.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sankyu, sudah ane kunjungi drunk

      Hapus
  8. my Dearest agu supercell yang pertama ane denger. keren coiiiiiiiiiiiiiiii

    BalasHapus
  9. Nanyak dong,, 1. Dari semua PV supercell ada gk yang mkek vokalis asli ?, maksudnya gk mke model
    2. di PV yang diperankan sama model vocalis nya aja atau semuanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya.. iya, iya, dan iya. identitas member supercell sangat dijaga. gak cuma vokalis, seluruh member termasuk ryo dan para mangakanya juga misterius. kalo yang mainin instrument yg di PV juga bukan orang sebenarnya (lagian supercell juga ga punya pemain instrument). soalnya, menurut kabar yang beredar, yang mainin instrumentnya itu si ryo semua order

      Hapus
  10. info : yg jadi model dalam video clip my dearest sampe yg terbaru itu emang koeda asli...soalnya dia pernah posting wajah nya sendiri di twitter dan itu emang wajah aslinya...

    BalasHapus
  11. waaah supercell totemo kakkoi nee \^o^/ gak nyangka ternyata sejarahnya begitu. aye jatuh cinta ama nih grup band semenjak dengerin lagu ost nya yg di BRS~ tp serius deh masih kepo sama personilnya kayak gimana wajahnya ;_;

    BalasHapus
  12. wajah asli beberapa personil sudah diketahui. vocalist, tentunya sudah kenal Yanagi Nagi. karena beliau juga ber-solo karir. untuk koeda.. malah sering ditampilkan wajah aslinya di beberapa, bahkan hampir seluruh video clip yang diisi olehnya, cuma untuk Chelly belum tau ane. wajah ryo samar-samar diketahui dari beberpa clip video. dia yang megang piano atau keyboard. saya percaya itu bukan model, tai ryo(supercell) asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. nagi kan udah solo, jadi udah pasti tau wajah aslinya. koeda juga emang selalu muncul aslinya di video klip.

      kalo untuk ryo yang megang piano di video klipnya juga ane rada2 percaya, soalnya dari semua video klip, orang yang main piano siluetnya selalu orang yang sama, tapi itu masih sebatas kemungkinan aja.

      Hapus
  13. tambahan, untuk ilustratr yang nama namanya redjuice.. beliau sudah sering muncul ke permukaan. juga seorang ilustrator di anime Guilty Crown. sering juga mengisi acara Anime kayak AFA gitu.

    BalasHapus
  14. lo klo g salah seiyuunya Inori itu Ai Kayano (seiyuunya Menma di Anohana)? klo Chelly kayaknya dia hanya nyanyiin lagu-lagunya EGOIS deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. maksudnya chelly cuma ngisi suara pas nyanyi aja :D

      Hapus

emo-but-icon

Beranda item

[EVENT] Doki Doki Festival

[EVENT] COSGRAPH 2014

Sosmed-Arena

UTAINDO


Follow by Email

Gabung dengan Kami

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *