Loading...

Mengenal Sukiyaki

Karena Takoyaki sudah terlalu mainstream, maka pada kesempatan ini saya akan membahas Sukiyaki disini .. Sukiyaki ( すき焼き, スキヤキ ) adal...

Karena Takoyaki sudah terlalu mainstream, maka pada kesempatan ini saya akan membahas Sukiyaki disini..

Sukiyaki (すき焼き, スキヤキ) adalah irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Sukiyaki dimakan dengan mencelup irisan daging ke dalam kocokan telur ayam. Sayuran yang dihidang pun bermacam-macam seperti bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku, jamur shiitake, dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu. bagi kamu yang ngga tau soun, soun itu seperti mihun, tetapi khas Cina.

Sukiyaki memang merupakan salah satu kekayaan kuliner asli Jepang, menyerupai sabu2 di Cina ataupun thaisuki di Thailand. Sebelum Perang Dunia II di daerah Kanto (sekitar Tokyo) masakan ini lebih dikenal dgn nama gyunabe, yg artinya daging sapi di dlm panci.

http://media.trb.com/media/photo/2010-01/51842592.jpg

Asal muasal sukiyaki saat ini masih menjadi perdebatan. Sebagian orang mempercayai kata sukiyaki berasal dari kata suki yg berarti cangkul besi tebal, dan yaki, dipanggang.

Pada awalnya masyarakat Jepang kurang menyukai sukiyaki karena agama Budha melarang konsumsi hewan berkaki empat dan hewan yg digunakan utk pertanian. Baru setelah restorasi Meiji, ketika orang asing boleh masuk dan berdagang di Jepang, sukiyaki mulai digemari. Tahun 1862, restoran yg menjual sukiyaki utk pertama kalinya dibuka di Jepang.

 
http://anime.astronerdboy.com/wp-content/uploads/2013/03/x06-sukiyaki.jpg

yak, untuk menyajikan sukiyaki di tengah kehangatan keluarga tidaklah sulit, hampir menyerupai menyediakan sup betawi di rumah. Yg pertama hrs disiapkan adalah daging sapi sukiyaki yg kini mudah didpt di toko swalayan. Jika tdk ada, daging sapi sukiyaki dpt diganti dgn daging has yg diiris tipis-tipis.

http://itadakimasuanime.files.wordpress.com/2013/11/sukiyaki-kuragehime-02-03.png

Bahan tambahan lain adalah sawi putih, tofu, shungiku , bawang bombai, dan daun bawang. Dpt juga ditambah wortel dan paprika utk variasi. Utk menambah cita rasa, dpt dilengkapi berbagai jenis seafood seperti udang, cumi, atau kepiting yg sdh dikupas.

Hal yang wajib dalam penyajian sukiyaki adalah shirataki, yaitu bentuk konnyaku yg berwujud seperti soun, berwarna bening atau sedikit abu2. Konnyaku adalah makanan tradisional Jepang yg bentuknya transparan, kenyal, dan tdk memiliki rasa. Shirataki berwarna putih, dikemas dlm plastik berisi air utk menjaga kualitasnya.


http://japanese-food.ru/img/sukiyaki.jpg

Sekaran kalian sudah mengetahui apa dan bagaimana cara menyajikan sukiyaki. jika tulisan ini belum membantu kalian bisa pelajari disini


Terima kasih telah membaca, arigatou gozaimasu! :3
Culture 3995802176998189750

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

[EVENT] Doki Doki Festival

[EVENT] COSGRAPH 2014

Sosmed-Arena

UTAINDO


Follow by Email

Gabung dengan Kami

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *