Loading...

Makanan Indonesia vs Jepang "Mirip belum tentu Sama"

Suatu hari, saya diajak teman saya untuk makan di Warung makan Jepang pinggir jalan gitu. Maklum lah, karena memang seorang pelajar yang ser...

Suatu hari, saya diajak teman saya untuk makan di Warung makan Jepang pinggir jalan gitu. Maklum lah, karena memang seorang pelajar yang sering dilanda labil ekonomi, dompet pun harus dijaga agar tidak dibuat kering mendadak.

Sesampainya disana saya disodori menu yang tidak ada gambarnya. Hanya tulisan saja gitu. Akhirnya saya putuskan untuk memilih “yakimeshi” tanpa tahu bentuknya seperti apa. Maklum lah, bahasa-bahasa jepang memang masih sangat kurang saat ini... Setelah beberapa saat menunggu dan makanan disajikan di meja, saya melongo karena makanan tersebut serasa familiar di rumah…


Lah apa bedanya coba dengan nasi gorengnya bang haji ali di depan rumah?
Udah murah, dapet extra kerupuk plus cabe rawit lagi. XD


Ternyata usut punya usut, selidik punya selidik, banyak juga makanan indonesia yang mirip-mirip dengan masakan jepang. Lah kok bisa? siapa nih yang tukang fotokopi??

Faktor leluhur lah yang membuat itu terjadi. masih ingatkah kalian tentang penjajahan jepang? Yup... walaupun mereka tidak lama menjajah kita, tetapi kebudayaannya yang berpengaruh disini. Para wanita indonesia kan ada beberapa yang disuruh masak untuk tentara-tentara tuh, bisa jadi resep mereka bercampur dengan rasa-rasa indonesia nih, begitu juga saat mereka kembali ke negaranya tuh, resep-resep indonesia yang dirasa enak berkembang tuh di sana. maka jadilah beberapa menu yang dirasa seperti perpaduan indo-jepang tuh.

dan inilah makanan-makanan yang tertangkap tangan oleh mimin, yang dirasa mirip dengan masakan indonesia nih.

Dango > Klepon


Sama kan? Udah bulet, ijo, legit kulitnya, isinya yang manis...

Yang membedakan cuma isi dari dango yang biasanya adalah kacang merah, sedangkan klepon berisi gula aren cair dengan taburan kelapa serut nih.

Tetapi perkembangan dango saat ini bukan selain warna yang berwarna-warni, isinya pun juga variatif. berbeda dengan klepon yang mati hidup hanya diisi dengan gula aren serut.

Mochi > Kue Bugis


Walaupun bentuk luarnya agak beda sedikit, tapi ciri fisiknya teman... sama-sama bisa “molor” waktu digigit, warnanya hijau, bulet, dan dibuat dari tepung ketan lah yang dirasa mimin mirip.

Biasanya, Dango yang asli itu gak ada isinya teman, jadi 100% ketan yang ditumbuk sampai dia berbentuk seperti lem, tetapi perkembangannya, dango mulai di isi dengan kacang hijau, atau bahkan coklat dll.

Kalau kue bugis, biasanya berisi parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah tuh.

Sushi > Semar Mendem


Kurang mirip apa coba?
Sushi yang digulung dengan nasi dengan isi buah/sayur atau daging di tengahnya yang dibungkus dengan rumput laut atau nori.

Semar mendem juga sama! Nasi yang tengahnya diberi suiran daging biasanya (gak tahu nih rasanya kalau semar mendem diberi isian buah seperti sushi... bisa dicoba tuh)

Yang membedakan cuma yang ini dibungkus dengan adonan tepung dan telur nih.
Adek kakak nih sepertinya. soalnya rasa gak jauh beda.

Chanpuru > Oseng-oseng (tumis) Pare


Yah.. kalo ini mah, mirip sama oseng-oseng parenya emak (ibu) saya dirumah.
Kesulitan dari masakan ini ya, parenya (goya dalam bahasa jepang) kalau tidak bisa memasaknya, yang ada hanya rasa pahiiiit catar membahana.
Tidak ada bedanya sih canpuru dengan oseng pare indonesia, hanya kalau chanpuru yang banyak adalah tofu nya (tahu sutra) kalau oseng pare ala indonesia sih banyak petenya :p

Nikujaga > Ayam Semur


Gak ada bedanya kok, sama-sama daging kuah ditambah kentang.
Sama-sama coklat warnanya, sama-sama enak dong tentunya.
Yang membedakan disini adalah kuahnya. Kalau semur ya pasti menggunakan kecap atau kadang ditambah dengan santan. Kalau nikujaga, kuahnya terbuat dari kaldu dashi (sejenis ikan kering gitu, direbus lalu diambil kuahnya) jadi rasanya itu seafood banget begitu, dan biasanya daging yang digunakan adalah daging babi.

Masih banyak sih makanan yang sangat mirip dengan masakan indonesia. Tak ada salahnya kalian dapat mencari tahu sendiri dengan media paman gugel yang sangat berjasa.

Berikut juga makanan yang mimin rasa mirip yang ditemukan.
Dorayaki > apem tumpuk
Ramen > mie ayam pangsit komplit
Takoyaki > kerak telor/martabak telor
Kagikori > es teler
Culture 7929762184831054568

Posting Komentar

  1. ^^^bajinghomo03,yang gue rasa beda tuh takoyaki ama kerak telor,tapi bagus la!ngakak tuh yang ramen!!!

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

[EVENT] Doki Doki Festival

[EVENT] COSGRAPH 2014

Sosmed-Arena

UTAINDO


Follow by Email

Gabung dengan Kami

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *